Kapolres Blora Hadiri Peresmian Kompleks Makam Sunan Pojok Pada Puncak Haul

Blora – Ribuan warga Blora datangi Makam Sunan Pojok Kelurahan Kauman Kecamatan Blora  Kabupaten Blora. Kedatangan warga ini untuk mengikuti Pengajian Akbar Haul Sunan Pojok. Selain itu, juga untuk mendengarkan ceramah Pengajian Akbar dengan tausyiah oleh KH Agus Ali Masyhuri dari Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo, selasa 17 Oktober 2017 pukul 20.30 s/d 23.30 Wib.

Acara Pengajian Akbar Haul Sunan Pojok ini juga dihadiri Bupati Blora Joko Nugroho, Dandim 0721 Blora Letkol inf. Susilo, S.Sos, Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K,M.H, Forkompimcam Blora dan ribuan jamaah.

Jamaah  yang mengikuti pengajian akbar ini tidak hanya warga Blora yang hadir. Mereka  ini juga banyak yang datang dari berbagai daerah luar Kabupaten Blora.

Di sisi lain, menyemutnya  jamaah yang mengikuti pengajian akbar ini, Sat Lantas Polres Blora melaksanakan pengaturan lalu lintas untuk menciptakan Kamseltibcarlantas.

Peresmian kompleks Makam Sunan Pojok digelar bersamaan dengan puncak perayaan Haul Sunan Pojok. Kompleks Makam Sunan Pojok dulunya dikenal dengan nama Makam Gedong Ageng merupakan salah satu cagar budaya Blora, terletak di Jalan Mr. Iskandar 1/1 Kota Blora.

“Peresmian dilakukan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho dengan penandatanganan prasasti, bersamaan dengan pengajian akbar dalam rangka Haul Sunan Pojok. Sehingga momentumnya pas, bisa disaksikan oleh ribuan jamaah”.

Proyek penataan kawasan wisata sejarah dan wisata religi, Makam Sunan Pojok Blora yang dilaksanakan oleh Dinporabudpar (Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Priwisata) sudah siap untuk diresmikan.

Penataan kawasan Makam Sunan Pojok ini didanai dari APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp 833 Juta yang dikerjakan oleh rekanan CV. Lumintu Jaya sejak awal Juni lalu.

Sejumlah titik yang dilakukan penataan ulang antara lain, pembangunan joglo utama untuk para peziarah, pembangunan gapura utama makam, pagar, penataan tempat wudhu dan penambahan beberapa ornamen hiasan dan penataan lampu penerangan.

Untuk diketahui, Peringatan Haul Sunan Pojok Blora digelar mulai hari Senin (16/10) dengan agenda Khotmil Qur’an Bin Nadhor dan Buka Kelambu Makam. Hari Selasa (17/10) mulai pukul 06.00 WIB digelar Khotmil Qur’an Bil Ghoib.

Selasa (17/10) pukul 13.30 WIB digelar Tahlil Umum dan Tausyiah oleh KH Abdul Wahid dari Tayu – Pati, dan puncak haul digelar pukul 20.00 WIB dengan agenda Pengajian Akbar dengan tausyiah oleh KH Agus Ali Masyhuri dari Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo. Sesaat sebelum tausyiah, dilaksanakan peresmian kompleks Makam Sunan Pojok oleh Bupati Blora.

Sumber : Humas Polres Blora.

from Halo Dunia Network http://ift.tt/2xNJbSS
via IFTTT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s