Apel Siaga Pengamanan Malam 1 Suro/1 Muharam Tadi Malam


halodunia.co, Blora – Personil Polres Blora melaksanakan apel kesiapan pengamanan malam 1 Suro (tahun baru Jawa) di halaman Mapolres Blora, Rabu, 20 September 2017 jam 20.00 Wib.

Apel kesiapan ini dipimpin Kabag Ops Kompol I Gede Arde, S.E,  dan dihadiri Wakapolres, Para Kasat, Perwira dan seluruh anggota mapolres Blora.

Budaya dan tradisi masyarakat di jawa pada umumnya dan wilayah kabupaten Blora pada khususnya dalam menyambut datangnya 1 Suro / 1Muharam dengan melakukan acara Ibadah dan ritual di tempat – tempat tertentu  yang dianggap keramat di wilayah Kabupaten Blora.


Hal ini menjadikan konsentrasi pergerakan massa yang berdatangan ke wilayah Blora untuk mengikuti kegiatan dalam menyambut datangnya 1 Suro.

Kegiatan tersebut akan mempengaruhi dan meningkatnya mobilitas manusia dengan menggunakan berbagai sarana angkutan, terutama menjelang, pada saat dan setelah 1 Suro. Situasi seperti ini merupakan faktor yang dapat menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas.

Oleh karena itu dalam arahanya,Kabag Ops memerintahkan kepada para perwira untuk melakukan razia Miras maupun penyakit masyarakat pada malam itu juga untuk mengantisipasi hal hal yang tidak kita inginkan pada malam perayaan 1 Suro seperti pesta miras, tawuran dan lain lainya. Sehingga jalanya perayaan malam 1 Suro tercipta keamanan dan kenyamanan di masyarakat.

Untuk melaksanakan tugas mulia pengamanan tahun baru islam terdapat beberapa penekanan diantaranya, deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen dan Bhabinkamtibmas di lapangan, penggelaran kekuatan secara tepat pada setiap titik rawan macet, antisipasi aksi konvoi oleh kelompok beladiri, optimalkan peralatan dan sarana prasarana yang di miliki, mewujudkan kamtibmas dan  kamseltibcar yang aman, lakukan tindakan tegas namun humanis” begitu tambahan dalam arahan  Kabag Ops Kompol I Gede Arde, S.E 

Setiap anggota yang melaksanakan pengamanan agar  meningkatkan kewaspadaan / jaga diri serta bertindak sesuai prosedur. Karena tugas ini sangat berat maka personil harus jaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Setelah arahan selesai dilanjutkan pembagaian tugas serta pergeseran pasukan ke tempat tugas masing masing seperti dipenggal penggal jalan, tempat tempat yang dijadikan pusat kegiatan msyarakat, tempat tempat rawan kejahatan dan lain lain. 

(Humas Polres Blora)

from Halo Dunia Network http://ift.tt/2xoG5Tb
via IFTTT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s