HD Polisi : Tips Aman Mudik Lebaran dari Kapolda Metro Jaya

Jakarta – Suasana mudik Lebaran sudah terasa pada H-3 ini. Sebelum berangkat mudik, ada baiknya perhatikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan hingga keselamatan saat perjalanan mudik.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengimbau masyarakat berhati-hati dan tetap waspada terhadap kejahatan selama mudik Lebaran.

“Sebelum berangkat mudik, persiapkan fisik yang baik, kendaraan juga persiapkan yang baik kondisinya,” ujar Iriawan di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Kapolda mengimbau pemudik beristirahat secukupnya agar tidak lelah dan mengantuk. Perhatikan petunjuk petugas di lapangan dan mengikuti peraturan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

“Sebelum mudik, cabut dulu peralatan listrik, kunci pintu dan jendela, matikan kompor gas, air juga demikian,” imbuhnya.

Masyarakat yang pulang mudik menggunakan angkutan umum diimbau mewaspadai segala bentuk kejahatan, seperti penjambretan, pencopetan, pembiusan, hipnotis, dan lain-lain.

“Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok. Simpan dan perhatian baik-baik barang bawaan. Awasi anak-anak, jangan sampai jauh dari pantauan agar tidak hilang,” ungkapnya.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor diimbau tidak membawa muatan berlebih. “Jangan berboncengan lebih dari dua orang, karena kapasitas motor itu maksimal untuk dua orang. Kalau bawa anak kecil, sebaiknya menggunakan angkutan umum, lebih aman, karena motor tidak didesain untuk perjalanan jauh,” kata Iriawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s