Kapolda Metro Jaya cek persiapan jalur mudik motor di Pantura

Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan bersama Polres Metro (Polrestro) Bekasi, Jawa Barat melakukan pengecekan persiapan menjelang arus mudik dan balik pada musim libur Ramadhan mendatang.

Kepala Polda Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan di Bekasi Selasa mengatakan pengecekan dilakukan pada titik penetapan pos pantau dan fasilitas pendukungnya.

Selain itu, pengecekan serta kesiapan fasilitas kesehatan, bengkel, dan makanan kecil maupun minuman bagi yang tidak puasa.

“Jadi hari ini saya dengan Kapolres Metro Bekasi, melakukan pengecekan terkait jalur reguler pantura yang biasa dipakai motor,” katanya.

Sementara itu, Kepala Polres Metro Bekasi, Kombespol Asep Adi Saputra mengatakan pengecekan ini dibagi menjadi dua cakupan dan beberapa daerah yang disinyalir akan terjadi penumpukan berikut dengan fasilitas untuk pemudik.

Menurut dia, pembagian itu antara lain pertama pemudik biasanya melalui jalur Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) atau Kayucabe (Kampung Melayu-Cawang-Bekasi).

Sedangkan untuk titik kedua berada di Tambun (Business Park). Dalam hal ini, pemudik biasanya pemudik akan mulai melakukan pengecekan pada titik pertama.

Pengecekan itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas akibat dari barang bawaan pemudik yang melebihi kapasitas.

“Dikarenakan, pemudik membawa barang yang cukup banyak, dan dibelakangnya ada kayu dan ada koper dan juga penumpang yang melebihi kapasitas,” katanya.

Untuk itu, dalam masalah ini perlunya melakukan koordinasi dan pengecekan guna mengantisipasi segala bentuk kejadian, salah satunya kecelakaan lalulintas.

Selain itu juga dalam antisipasi dini, Kepolisian telah menyiapkan bus guna membawa barang-barang penumpang agar tidak terjadi pelanggaran lalulintas selama mudik Lebaran tahun 2017.

Ia menambahkan dalam kelangsungan kegiatan ini, juga menyiapkan fasilitas berupa bengkel motor, tempat istirahat dan kesehatan, dan layanan jalan alternatif.

Dengan harapan pemudik siap menempuh jalan ke kampung halamannya yang biasa menjadi tujuannya sekitar Jawa Barat, Tengah, hingga Timur.

“Oleh karena itu kegiatan persiapan pengecekan pos pantau mudik maupun balik tetap dilakukan,” katanya.

Kepolisian juga menyiapkan 300 bus yang digunakan pemudik, bila kedapatan membawa barang maupun penumpang melebihi batas kapasitas untuk kendaraan roda dua.

Pada Kamis (8/6) akan melakukan pengecekan kesiapan jalur tol, guna menyambut libur Lebaran 1438 Hijriah. Dan akan berdiri tiga pos untuk melakukan pengamanan, terutama istirahat, cek kendaraan, serta isi bahan bakar minyak.

Puncak arus mudik diperkirakan H-5 libur Lebaran 2017. Namun akan memfokuskan pada 22-24 Juni 2017, sehingga akan ada pengecekan kembali untuk jalur dan pengamanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s