Warga Membuat Tandon Air, Polres Tuban turun membantu

IMG-20170201-WA0036
tribratanewstuban.com – Air adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia dan merupakan sumber kehidupan.Jika musim penghujan seperti ini, tentunya tidak ada kendala bagi warga masyarakat untuk memperoleh dan mencukupi kebutuhan air bersih.

Namun jika sudah memasuki musim kemarau, kebutuhan air bersih sungguh sulit didapatkan.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih terutama saat musim kemarau, pihak pemerintah Desa Karangtinoto Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban membuat sumur di desa dan memasang dua tandon air yang berkapasitas masing-masing 5500 liter air.

Sumur dan tandon air itu kemudian di salurkan ke pipa dan dialirkan ke warga masyarakat yang telah mendaftar sebelumnya.

Dikatakan oleh Gunawan, Kepala Desa Karangtinoto, hal ini dilakukan untuk mempermudah warga masyarakat untuk mencukupi kebutuhan air bersih terutama saat musim kemarau. Konsepnya sendiri mengadopsi sistem Perusahaan Air Minum.

“Konsepnya seperti PAM, warga juga dikenakan biaya namun biaya yang dibayar warga ini nantinya juga kembali kepada masyarakat untuk pembangunan infrastruktur desa”, ujar Gunawan disela pemasangan tandon air Rabu (1/2/2017).

Lebih lanjut Gunawan mengatakan bahwa sumur yang di gali di tempat terdebut cukup dalam sehingga pihaknya mengkalim bahwa sumur tersebut mampu mencukupi kebutuhan air bersih warga masyarakatnya.

“Sumurnya sangat dalam, insya allah bisa mencukupi (air bersih) meskipun pada musim kemarau”, tambah Gunawan.

Bhabinkamtibmas Desa Karangtinoto Aiptu Suwarjo, juga turut hadir memberikan dukungan atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, dan nampak membaur bergotong royong memasang tandon air bersama masyarakat yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s