Ditlantas Polda Bali Ubah Jalur Lalin, Menuju Bali Bebas Macet

HaloDunia,Denpasar – Terobosan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose di bidang lalulintas untuk mendukung kenyamanan pariwisata Bali diantaranya adalah rekayasa lalulintas.

Kapolda Bali melalui Direktur Lalulintas pada Ditlantas Polda Bali,Kombes Pol AA Made Sudana yang sudah membuat perencanaan perubahan arus lalulintas dibeberapa titik kemacetan di Bali,hari ini,Rabo (1/2/17) akan segera dilaksanakan uji coba.

Sementara itu ditemui di lapangan,Kasat PJR Ditlantas Polda Bali, AKBP I Nyoman Wirawan,SH mengatakan perubahan arus lalin  di Bali bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan dengan menerapkan upaya – upaya manajemen lalulintas yang tepat.

“Ditlantas Polda Bali akan menerapkan sistem lalulintas satu arah ( one way traffic),”kata Perwira dua melati yang sehari – hari selama hampir sebulan ini menertibkan parkir di beberapa titik di Kota Denpasar dan sekitarnya.

Selain itu menurut Wirawan pengalihan arus juga bertujuan untuk mengurangi dan upaya menghilangkan titik perpotongan lalulintas (crossing) agar lalulintas dapat diperlancar.

“Diutamakan untuk jalur menuju pantai wisata Kuta hari ini,Rabu (1/2/17) akan segera dimulai pelaksanaan uji coba alih arus,”tambah Wirawan.

Pengalihan arus menuju pantai Kuta ini masih menurut Wirawan , diharapkan dapat mengurangi tingkat hambatan samping pada ruas-ruas jalan di kawasan wisata Kuta dengan mengurangi lalulintas masuk dari akses kiri kanan jalan.

“Untuk perubahan arus lalulintas di wilayah Kuta ini sudah disosialisasikan mulai tanggal 17 hingga 31 Januari 2017,sedang mulai hari ini,1 Pebruari hingga 28 Pebruari nanti adalah tahap uji coba, dan mulai 1 Maret 2017 akan diberlakukan penindakan bagi yang melanggar,”jelas Wirawan .

Rencana perubahan arus di Wilayah Kuta ini dibagi menjadi tiga poin yaitu akses menuju pantai,keluar dari wilayah Kuta dan akses menuju Bandara Ngurahrai.

Untuk akses menuju pantai adalah dari Jalan Dewi Sartika – Simpang Animale – Pantai, dan Jalan Raya Kuta – Simpang Br.Temacun – Jalan Blambangan – Jalan Kalianget belok kanan – Puseh belok kiri – Simpang Bemo Corner – Pantai Kuta.

Untuk keluar dari wilayah Kuta, melalui pantai – Jalan Melasti – Jalan Sriwijaya – Jalan P.Jelantik,atau bisa juga melalui Jalan Raya Legian  (grand zero) – Simpang Melasti – Jalan Sriwijaya – Jalan P.Jelantik, dan bisa melalui Jalan Dewi Sartika – Jalan Singosari – Jalan Raya Kuta – Simpang Puseh – Simpang Temacun – Jalan Majapahit.

Sementara akses bagi kendaraan yang akan menuju Bandara Ngurahrai dari Jalan Dewi Sartika dapat melalui Jalan Singosari- Simpang Kalianget belok kiri – Simpang Pura Puseh belok kanan – Simpang Temacun – Jalan Blambangan – Simpang Hardys – Jalan Raya Tuban.

“Diharapkan dengan rekayasa perubahan arus lalulintas  ini dapat mengatasi dan mengurangi kepadatan yang sering terjadi di sepanjang jalan  yang menuju daerah wisata tersebut,”tambah Wirawan .

Dalam mengatasi permasalahan yang mungin akan terjadi pada rekayasa arus lalulintas ini,pihak Ditlantas Polda Bali akan menginventarisir titik rawan macet di wilayah Kuta setiap hari pada jam-jam rawan macet. (dw-1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s