Tekan Angka Kecelakaan, Sat Lantas Polres Sidoarjo Razia Pelajar Amankan 10 Motor

Sebanyak 30 pelajar dan 10 motor pelajar diamankan dalam razia yang digelar petugas Satuan Lantas Polres Sidoarjo di Jl Raya Trosobo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Senin (23/01/2017).

Razia tersebut digelar untuk menekan angka kecelakaan yang kerap menimpa dan korbannya adalah kalangan pelajar. Apalagi, dalam kasus kecelakaan  setahun terakhir masih didominasi oleh kalangan pelajar.

Rata-rata pelanggaran para pelajar yang mengendarai motor saat bersekolah itu, selain tak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) juga tidak menggunakan helm serta motornya tak sesuai kelaikan standart kendaraan bermotor karena sudah dimodifikasi dan  sebagian diprotoli.

“Karena jaraknya dekat ya tidak memakai helm. Tiap hari orangtua tak bisa mengantar sehingga terpaksa membawa motor sendiri ke sekolah. Wong surat-surat kendaraan seperti STNK juga tidak membawa,” terang salah seorang pelajar yang ditilang.

Sedangkan salah seorang Kepala Sekolah (Kasek) yang mendatangi razia itu, Abdul Kirom berharap orangtua memaksa anaknya naik angkutan umum. Terutama bagi pelajar yang belum memiliki SIM.

“Sudah sejak lama kami melakukan pengawasan untuk pelajar yang menggunakan motor. Masalahnya, orang tua tidak bisa mengantar sekolah. Makanya kami membuat pengawasan khusus. Bahkan saat mengambil rapot orangtua walimurid selalu kami ingatkan agar anaknya tidak menggunakan motor saat sekolah,” tegasnya.

Sementara Wakasat Lantas Polresta Sidoarjo, AKP I Gusti Made Merta menegaskan motor yang disita dan diamankan polisi akan dikembalikan jika sudah dilengkapi STNK serta dilengkapi surat pernyataan dari orangtua dan guru agar tidak membawa kendaraan ke sekolah serta tak akan mengulangi perbuatannya lagi.

“Razia dan sosialisasi ini hasil evaluasi karena kecelakaan di Sidoarjo dan Jatim mayoritas terjadi pada pelajar. Razia ini merupakan kepedulian Polisi Polres Sidoarjo agar jangan sampai kecelakaan menimpa pelajar. Makanya kami melakukan pendekatan ke sekolah dan orang tua siswa dan siswi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s