Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo Mengatakan Pihaknya Masih Terus Melakukan Pengembangan Terkait Dugaan Kasus Pungli

polisi menetapkan enam tersangka dalam kasus dugaan pungutan liar di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung. Polisi menyebut tidak menutup kemungkinan muncul tersangka baru.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengembangan terkait dugaan kasus pungli tersebut. Pasalnya, masih ada enam saksi yang juga diamankan dalam OTT (operasi tangkap tangan) Jumat (27/1) kemarin.

“Tersangka baru tidak menutup kemungkinan, tergantung hasil dan bukti baru yang kita temukan,” kata Hendro di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Sabtu (28/1/2017) malam.

Lebih lanjut Hendro menjelaskan, pihaknya juga masih menyelidiki berapa lama praktik pungli tersebut berlangsung. Selain itu, polisi masih mencari tahu uang praktik pungli itu dibagikan kepada siapa saja.

“Selain menyetor kepada Kepala DPMPTSP, uang itu mengalir kepada siapa saja kita masih dalami,” ungkap dia.

Hendro mengatakan dari tangan para tersangka, polisi berhasil menyita uang sebanyak Rp 364 juta, 34.000 USD, 124 Poundsterling. Selain itu juga buku tabungan berisikan saldo Rp 500 juta, dua unit mobil dan satu unit motor.

“Barang bukti tersebut kami dapatkan di dalam mobil tersangka (Dadan) saat OTT awal dan pengembangan di rumah tersangka,” ujar Hendro.

“Setiap bulannya Kadis mendapat jatah Rp 40-50 juta perbulan,” imbuhnya.

Para tersangka itu, DRW selaku Kepala DPMPTSP, AS (Kabid Bagian Validasi), WK, NS, MPH dan DD. Mereka punya peran berbeda-beda di mana pungli terhadap masyarakat itu diberikan kepada DRW.

Akibat perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 5, 11, 12 B No 20 tahun 2001 tentang Undang-undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Keenamn tersangka terancam hukuman minimal 4 tahun hingga 20 tahun atau penjara seumur hidup.

sumber : detiknews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s