SKCK Polresta Sidoarjo Di Paparkan Dalam Rapim Polri 2017 Dan Di Kunjungi Presiden

Jakarta – Aplikasi SKCK Online yang diciptakan oleh Polresta Sidoarjo, Polda Jawa Timur, ambil bagian dalam Pameran Pelayanan Publik Polri Berbasis Teknologi dan Informasi diselenggarakan dalam Rapat Pimpinan Polri (Rapim Polri) 2017, di Gedung STIK PTIK Jalan Tirtayasa Raya No 6 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu (25/1).

Rapim Polri ini selain di hadiri Presiden RI Bapak Jokowi juga dihadiri seluruh Kapolda dan dibuka langsung Presiden Jokowi. Presiden juga memberikan pengarahan dan melakukan peninjauan terhadap stand pameran teknologi dan inovasi pelayanan kepolisian.

Di pameran itu, Presiden Jokowi mengunjungi stand aplikasi SKCK Online Polresta Sidoarjo. Presiden sangat apresiasi dengan sistem pelayanan berbasis android yang dapat diunduh melalui playstore yang digagas Polresta Sidoarjo ini.

Upaya untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, terus dilakukan oleh Kepolisian Resort Sidoarjo. Hal itu terbukti saat Kapolres Sidoarjo, AKBP Muh Anwar Nasir telah melakukan uji coba pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara online berbasis android di Mapolres Sidoarjo, dan hari ini memaparkannya dalam Rapim Polri Tahun 2017.

“Trobosan yang kita lakukan ini semata-mata untuk memberikan peningkatan pelayanan publik yang ramah, cepat dan tepat dalam mengurus SKCK,” ujar Ajun Komisaris Besar Polisi, Muh Anwar Nasir, Kapolres Sidoarjo.

Proses pengurusan SKCK yang sebelumnya bisa mencapai satu minggu, maka dengan trobosan SKCK online ini, masyarakat bisa mendapatkan SKCK dalam waktu paling lama 30 menit. Selain itu, masyarakat tidak perlu lagi membawa surat rekomendasi dari RT/RW, Desa maupun Polsek. Karena, bagi warga yang ingin mengurus SKCK, cukup membuka situs http://www.skckonlinesidoarjo.net.

Masyarakat bisa mengisi formulir di situs tersebut dan bisa di akses melalui PC maupun android, sehingga mendapatkan kode booking. Setelah itu, dengan membawa kode booking dan E-KTP, masyarakat bisa melakukan pengurusan ke Polsek terdekat maupun di mobil SKCK keliling online.

“Tidak harus ke polres, bisa ke polsek terdekat. Karena database kami, atau catatan kepolisian terkoneksi dan terintegrasi di seluruh wilayah hukum Sidoarjo,” ucap Anwar.

Terkait pengamanan program SKCK, mantan Kapolres Nganjuk ini menyatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan upaya-upaya serangan heacker atau yang lainnya. “SKCK online ini, merupakan trobosan utama di wilayah Jawa Timur. Program ini juga sudah terdaftar di Menpan bahkan sudah di launching oleh Kapolri,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s