Kapolres Lamongan Bangga SOTO LA Di Kunjungi Presiden Jokowi

Jakarta – Kapolres Lamongan AKBP Juda Nusa Putra S.I.K dengan bangga memaparkan Pelayanan Publik Berbasis IT dari Polres Lamongan yaitu Aplikasi SOTO LA ( Sistem Operasional Terpadu Online ) Lamongan yang merupakan salah satu aplikasi terbaik di Jajaran Polda Jatim dan terbaik di Indonesia.
SOTO Lamongan pun ikut ambil bagian dalam event Pameran Pelayanan Publik Polri Berbasis Teknologi dan Informasi yang di selenggarakan dalam Rapat pimpinan Polri (Rapim Polri) 2017 bertempat di Gedung STIK PTIK Jalan Tirtayasa Raya No. 6 Kebayoran Baru Jakarta Selatn pagi tadi (25/01)

Pameran tersebut bertemakan “POLRI YANG PROMOTER SIAP MENGAMANKAN PILKADA SERENTAK 2017” dan di hadiri oleh Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jilid II yaitu Menko Polhukam Wiranto, Menteri Sosial Hj. Khofifah Indar Parawansa, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, dan Sekretaris Kabinet Pramono Agung.

Betapa bangga nya Kapolres Lamongan saat stand SOTO Lamongan dikunjungi oleh Presiden Jokowi, dengan tegas Kapolres Lamongan memaparkan dengan gamblang apa itu SOTO Lamongan yang terdengar begitu menggiurkan di lidah.

Sistem Operasional Terpadu Online atau SOTO ini bukan makanan, tetapi istilah aplikasi layanan masyarakat berbasis android yang diluncurkan Polres Lamongan dan diciptakan berdasarkan keprihatinan polisi atas kemacetan parah saat laga sepak bola di Lamongan.

Kapolres Lamongan AKBP Juda Nusa Putra menceritakan, saat itu menyaksikan jalanan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, macet sebelum dan setelah Persela Lamongan bertanding di ajang kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

“Setelah melihat banyak jalanan di Lamongan yang macet, pada saat Persela sebelum dan sesudah bertanding, menginspirasi kami untuk menciptakan aplikasi berbasis android ini. Sebab kami kasihan kepada masyarakat Lamongan yang banyak terjebak dalam kemacetan itu,” jelas AKBP Juda.

Untuk menunjang aplikasi SOTO, jajaran Polres Lamongan lantas menempatkan sebanyak 60 closed circuit television camera (CCTV), yang tersebar di beberapa jalanan yang ada di Lamongan, lembaga pemasyarakatan (lapas), bank, dan kantor pemerintah setempat.

“Dengan melihat dari smartphone yang dimiliki, masyarakat jadi mengetahui keadaan sesuai dengan gambar yang terekam di CCTV yang dipasang. Jadi di titik mana saja ada kemacetan, sudah bisa diketahui dengan cepat,” jelasnya.

Selain dapat memantau aktivitas alur lalu lintas, para pengguna aplikasi SOTO Lamongan juga dimanjakan dengan berbagai fitur lain. Di antaranya, pengaduan secara online, laporan kehilangan, permohonan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), permohonan izin keramaian, permohonan SIM baik pembuatan baru maupun perpanjangan.

 

Para pengguna juga dapat mengakses perkembangan penyidikan perkara (SP2HP) secara online, layanan call centre, short message service (SMS) centre, panic button, hingga berita-berita terkini.

“Semuanya include. Tidak hanya pelayanan yang berkaitan dengan polres, namun aplikasi SOTO Lamongan juga terintegrasi dengan layanan di pemda (pemerintah daerah), pajak, serta informasi wisata yang ada di Lamongan,” papar Juda.

Ia pun menjelaskan, aplikasi yang diresmikan Mabes Polri di Sidoarjo pada 1 September 2016 lalu tersebut hingga saat ini tercatat sudah diunduh oleh sekitar 5.000 orang.

“Target kami sendiri, aplikasi ini dapat diunduh 10.000 orang yang ada di Lamongan dalam tahap awal. Dengan target umum, tentu saja dapat diaplikasikan oleh seluruh masyarakat Lamongan yang memiliki smartphone. Tidak hanya masyakat kota, namun juga warga yang ada di pedesaan,” pungkasnya.

Kapolres Lamongan AKBP JUDA NUSA PUTRA S. I. K membuat Inovasi dan terobosan sebagai akselerasi Program PROMOTER  Kapolri yakni penambahan service umum yang lebih mudah untuk orang-orang serta berbasiskan IT.

SOTO LAMONGAN (Sistem Operasional Terpadu On-line Lamongan) yaitu satu program aplikasi berbasiskan android yang berperan menyentralkan serta meng on-line kan Polres Lamongan dalam pekerjaan serta manfaatnya, hingga orang-orang dimudahkan dalam memperoleh bentuk service dari Polres Lamongan, lantaran dapat dibuka dengan cara on-line.

Tersebut 11 daftar ” Menu ” SOTO LAmongan diantaranya : Pengaduan On-line, Laporan Kehilangan On-line, Permintaan SKCK On-line, Permintaan Ijin Keramaian On-line, Permintaan SIM On-line (Registrasi/Pendaftaran), SP2HP On-line (Perubahan penyidikan perkara), News (Berita On-line), CCTV LIVE (awasi arus lalin segera dari CCTV), Service Call Centre, Service SMS Centre, Panic Button (apabila dalam kondisi darurat/bahaya, tinggal tekan tombol, jadi petugas polri paling dekat akan tiba ke tempat sesuai sama panduan dari GPS)

Untuk warga Lamongan terutama yang ada di luar kota Lamongan Download SEGERA Aplikasi SOTO LAmongan dengan gambar aplikasi, lewat cara Download aplikasi ”sotolamongan” pada aplikasi google playstore android (untuk i phone masih tetap dalam sistem), Kerjakan Registrasi sesuai sama panduan dalam aplikasi (isi nama, no ktp, alamat, no ponsel), Input alamat e mail serta password pemakai, Lantas Login serta nikmati menu menu yang telah ada di aplikasi itu.

Berbagi kembali pada sanak saudara rekanan kerabat dan handai taulan supaya tahu aplikasi Soto Lamongan yang di ciptakan untuk keringanan orang-orang dalam terima service sempurna Kepolisian. “Mudah-mudahan dengan terwujudnya service berbasiskan android ini orang-orang makin cinta Polri serta makin nyaman dalam terima service kami.” tutup Kapolres Lamongan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s