Polresta Sidoarjo menggiatkan patroli di titik-titik yang terindikasi rawan sebagai lokasi begal

kasat-reskrim

Jajaran Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo terus mengantisipasi aksi kriminal berupa pembegalan atau perampasan sepeda motor yang kembali marak akhir-akhir ini. Apalagi dalam beberapa kasus sebelumnya, aksi ini diikuti dengan penganiayaan terhadap korban.

Langkah yang diambil tersebut adalah dengan menempatkan petugas di beberapa lokasi yang dinilai rawan begal. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman pada masyarakat pengguna jalan, khususnya di jam-jam sepi.

“Salah satu tugas utama polisi menjaga keamanan. Untuk itu, kami akan selalu berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan. Misalnya, menggiatkan patroli di titik-titik yang terindikasi rawan sebagai lokasi begal,” terang Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Manang Soebeti,

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Manang Soebeti menjelaskan para pelaku begal umumnya beraksi di tempat sepi. Selain itu jumlah pelaku lebih dari satu. Jadi, besar kemungkinan aksi mereka bisa berjalan mulus karena dilakukan beramai-ramai.

“Kami minta pengguna jalan mewaspadai jalanan sepi karena bisa menjadi lokasi sasaran. Kami minta pengguna jalan untuk lebih hati-hati dengan tidak keluar malam hari jika tidak mempunyai kepentingan. Kalau terpaksa melintas di jalan sepi, lebih baik tidak bepergian sendiri,” imbuhnya.

Apalagi, para pelaku begal hampir selalu membawa senjata tajam (sajam). Mereka tidak segan-segan menyakiti dan menganiaya korban atau bahkan bisa jadi membunuh calon korban kalau para pelaku memiliki kesempatan.”Tidak masalah melakukan perlawanan. Namun kalau tidak, lebih baik mundur saja daripada mati konyol,” pintahnya.

Oleh karenanya, Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Manang Soebeti menghimbau warga yang menjadi korban bisa segera melapor ke polisi. Dengan begitu, petugas dapat langsung bergerak untuk mengungkap perkara dan menangkap para pelakunya.

“Kami di Reskrim selalu mengupayakan pengungkapan dan secepat mungkin menangkap para pelaku yang terlibat dalam tindak pidana itu,” tegasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s